Sunday, February 15, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sosiologi



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/Semester        : X/1  
Peminatan              : Ilmu ilmu Sosial
Materi Pokok           : Interaksi Sosial
Alokasi Waktu          : 3 JP

Kompetensi Inti
KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
1.1.    Memperdalamnilaiagama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1.  Mensyukuri keberadaan diridan keberagaman sosialsebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2 Merespon secara positifberbagai gejala sosialdilingkungan sekitar
3.2   Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta  antar kelompok
4.2    Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok

IndikatorPencapaian Kompetensi
1.   Menjelaskan pengertian interaksi sosial
2.   Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial
3.   Menjelaskan syarat-syarat interaksi
4.   Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial

Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik dapat:
·       Menjelaskan pengertian Sosiologi
·       Menjelaskan pengertian interaksi sosial
·       Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial
·       Menjelaskan syarat-syarat interaksi
·       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial

Materi Pembelajaran
1.    Pengertian interaksi sosial
2.    Ciri-ciri interaksi sosial
3.    Syarat-syarat interaksi sosial
4.    Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial

Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
·         Pendekatan                               : Saintifik
·         Strategi                         : Pembelajaran Koperatif
·         Metode Pembelajaran     : Diskusi, Presentasi

Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
·         Media                                        : LCD, Hand Out
·         Alat/bahan                                : Papan tulis, Spidol
·      Sumber Pembelajaran    : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang
                     relevan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Apersepsi (Guru menyampaikan ceritas atau ilustrasi: Anak-anak, di suatu permukiman ada seorang anak yang sejak kecil kurang mendapat didikan dari orang tuanya sehingga dia kurang mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk atau mana yang pantas dan mana yang tidak pantas. Kalau ada anak seperti ini bagaimana mereka bergaul dengan teman-temannya?
·      Motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari interaksi sosial)
·   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
·   Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran (pembentukan kelompok, proses diskusi, dan presentasi)

20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·    Peserta didik mengamati tayangan video tentang interaksi sosial

Menanya
·    Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan makna dari tayangan video dalam konteks interaksi sosial.

Mencoba/Mengumpulkan informasi/Mengeksplorasi
·    Peserta didik membaca buku teks, buku referensi lain, akses internet untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengertian interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.

Mengasosiasi
·      Peserta didik berdiskusi secara kelompok dengan panduan lembar kerja yang telah diberikan guru kepada setiap kelompok, yaitu tentang pengertian interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
·      Guru mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok untuk melakukan penilaian sikap dan memfasilitasi kerja kelompok.
·      Setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusinya.
Mengomunikasikan
·      Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kelompok yang lain menanggapi.
·      Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
·      Guru mengevaluasi hasil presentasi dan diskusi yang berkembang di peserta didik.
100 menit
Penutup
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
·         Memberikan tugas dalam bentuk soal-soal untuk di kerjakan di rumah
·         Melaksanakan penilaian kognitif
15 menit


Penilaian
1.    Jenis/Teknik Penilaian
Jenis Penilaian         : Tes dan Non Tes
Penilaian Tes dilakukan melalui tes tertulis    
Penilaian Non Tes dilakukan melalui :
a.   observasi
b.   kerja kelompok
c.   kinerja
d.   presentasi
e.   laporan tertulis

2.    Bentuk Instrumen dan instrumen
Bentuk Instrumen  penilaian Tes                    : Soal
Instumen                                                     : Terlampir
Bentuk Instrumen  penilaian Non Tes : Rubrik
Instrumen                                                    : Terlampir
3.    Pedoman penskoran                         : Terlampir

.................... ,..... 2013
Mengetahui                                                             Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Kepala SMA ....



..................................                                              ..................................
NIP.                                                                       NIP.

Catatan Kepala Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Lampiran
a.   Tes Tertulis

1.    Jelaskan pengertian interaksi sosial!
2.    Jelaskan ciri-ciri interaksi sosial!
3.    Jelaskan syarat-syarat interaksi sosial!
4.    Jelaskan 3 dari 6 faktor yang mempengaruhi interaksi sosial !

b.    Lembar Observasi dan Kinerja Presentasi


LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran        : Sosiologi
Kelas/Program        : X/Ilmu-ilmu Sosial
Kompetensi              : KD 3.2 dan 4.2

No
Nama Peserta didik
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml
Skor
NilaI
Akt
tgjwb
Kerjsm
Prnsrt
Visual
Isi
1.     
A
4
4
3
4
3
3
21

2.     
B








3.     
C








4.     
D








5.     
E








6.     
F








7.     
G








8.     
H








9.     
I








10.   
J








11.   
dst








12.   









13.   









14.   









15.   









16.   









17.   









18.   









19.   









20.   









21.   




















Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang
c.        Pedoman Penilaian :

Setiap nomor diberi skor sebagai berikut :

No Soal
Skor
Nilai
1
2
3
4
2
4
3
3

Jumlah
11

                                                                                                                  
          Nilai =   Skor jawaban : 11 x 100
          Contoh jika mendapatkan skor 9, maka nilainya adalah :
            9 : 11 x 100 = 81,81

d.  Kunci Jawaban
1.   Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi social adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok satu dengan kelompok yang lain.
2.  Ciri – Ciri Interaksi Sosial
·         Jumlah pelakunya lebih dari satu
·         terjadinya komunikasi diantara pelaku melalui kontak sosial
·         mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
·         dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
3.   Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Syarat Interaksi social menurut Soerjono Soekanto sebagai berikut :
a)      Kontak Sosial :  hubungan antara satu pihak dengan pihak lain, masing-masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhan secara fisik
b)      Komunikasi : proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respon tertentu.
4.   Faktor-Faktor yang  memperngaruhi Interaksi Sosial
a)    Imitasi : proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru pihak lain melalui sikap, penampilan, gaya hidupnya bahkan apa saja yang dimiliki pihak lain.
b)    Sugesti : proses memberikan suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh itu diikuti tanpa berpikir secara rasional
c)     Motivasi : proses memberikan suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh itu diikuti secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggungjawab
d)    Identifikasi : upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama ( identik ) dengan pihak lain. Proses identifikasi  lebih merupakan proses kejiwaan yang mendalam.
e)     Simpati : Suatu proses kejiwaan dimana seorang individu tertarik kepada individu lain karena sikap, penampilan, wibawam atau perbuatannya.
f)     Empati :  sebenarnya mirip dengan perasaan simpati, tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati dibarengi dengan perasaan organisme tubuh yang sangat mendalam.

         

Tugas (PR)
1.    Buatlah contoh dalam bentuk deskripsi yang merupakan perwujudan dari interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu dan individu dengan kelompok!
2.    Ada seorang anak yang sedang nonton tayangan sintron di televisi, apakah aktivitas anak tersebut dapat dikatakan interaksi sosial? Jelaskan pendapat Anda!
3.    Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial, tiga diantaranya adalah imitasi, sugesti, dan imitasi! Buatlah contohnya masing-masing 1 (satu) dalam bentuk ilustrasi !

FORMAT PENILAIAN LAPORAN PORTOFOLIO

Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/Peminatan      : X/Ilmu-ilmu Sosial
Materi Pokok           : Interaksi Sosial

No
Nama Peserta didik
Aspek Penilaian
Skor rata-rata

Nilai
Tampilan       
Kelengkapan
Tata Bahas
Jawaban Pertanyaan
1.             
A
3
4
4
3
3,50
87,5
2.             
dst.






3.             







4.             







5.             







6.             







7.             







8.             







9.             







10.          








Keterangan pengisian skor :

4.  Sangat Baik
3.  Baik
2.  Cukup
1.  Kurang






No comments:

Post a Comment